Wednesday 19 February 2014

Mengapa wartawan online harus mempunyai blog ?


Menurut pandangan saya, semua netters(pengguna internet) harus mempunyai blog termasuk seorang wartawan. Mengapa ?  Karena selain facebook, twitter, blog juga adalah salah media online yang sangat penting untuk dimiliki.

Saya sedikit paparkan mengapa blog sangat penting bagi netters (pengguna internet) untuk dimiliki:
Muncul sejak tahun 1999, media online ini banyak sekali manfaatnya. Blog telah mengubah semua netters (pengguna internet). Menurut dosen jurnalisme online, yang juga membuat buku jurnalisme online, Asep Syamsul M. Romli dan sedikit mengutip dari website resminya (www.romeltea.com), manfaat blog dapat mengubah bentuk web, memengaruhi politik, mempertajam jurnalisme, dan memungkinkan orang bahkan jutaan untuk memiliki suara dan terhubung dengan yang lain. Dengan begitu, kita sebagai netters (pengguna internet) penting sekali untuk mempunyai blog.

Jika kita memakainya pertama kali, pada dasarnya ngeblog adalah hal yang mengasikan. Kita bisa menggati templates dan mempostikan sesuatu sesuai keinginan kita. Dan jika dibandingkan dengan sosial media atau sejenis forum yang lainnya, ngeblog akan lebih asik karena itu adalah ruang atau tempat pribadi kita untuk berbagi dengan orang lain. Jika facebook, twitter banyak sekali yang asal mengomentari postingan yang kita buat, dalam blog, biasanya netters (pengguna internet) tidak sembarangan mempostingkan sesuatu. Mereka lebih kepada memberikan informasi seperti artikel, tugas kuliah, ilmu ataupun pengalaman pribadi sekalipun. Jadi dengan itu, mereka akan berinteraksi dengan jutaan orang dengan cara memberikan informasi tersebut. Dan pastinya akan memberikan manfaat kepada yang membacanya.

Pada sisi lain juga, blog dapat dijadikan sebagai pundi-pundi uang untuk para pembisnis yang memanfaatkan blognya dengan cara memasang produk-produk penjualan mereka.

Terakhir, adalah alasan kenapa para wartawan diharuskan memiliki sebuah blog ? Ini pemaparan saya. Saat wartawan membuat banyak data ataupun hasil dari liputannya, wartawan akan lebih mudah menyimpan data hasil liputannya dalam blog. Dalam blog dapat menyimpan arsip-arsip dan tidak akan terhapus, karena jika disimpan di harddisk atau USB Flashdisk, kemungkinan besar sebagian dari data tersebut akan terhapus oleh virus. Dengan alasan tersebut, wartawan dapat dengan mudah memberikan informasi dengan cepat, mudah dan aman. (riniandriani | jurnalistikonline)

0 comments:

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n:

Post a Comment