Sunday 26 May 2013

Media Online

A. Sejarah Media Online

Lahirnya media online tidak lepas dari booming media online di luar negeri pada pertengahan tahun 1990-an. Pada bulan Mei 1992 Chicago Online, koran pertama di Amerika Online diluncurkan Chichago Tribune di AS. Sampai April 2001 database AS telah berisi 12.878 berita online.
1996-1997: media online sebagai fotokopi dari koran/media cetak (republika, kompas)
1998: detikcom, berita real time, detik ini juga
2000: persaingan ketat: www.satunet.com, www.astaga.com = berantakan
2005: media-media cetak membikin media online, tidak menjadi saingan detikcom
2007-sekarang: diprediksi bermunculan media-media online yang realtime
2008 – Media online dan blog mulai  booming.



B.    Pengertian Media Online

Media online adalah sebutan umum untuk sebuah bentuk media yang berbasis telekomunikasi dan multimedia (baca-komputer dan internet). Didalamnya terdapat portal, website (situs web), radio-online, TV-online, pers online, mail-online, dll, dengan karakteristik masing-masing sesuai dengan fasilitas yang memungkinkan user memanfaatkannya”.
Salah satu desain media online yang paling umum diaplikasikan dalam praktik jurnalistik modern dewasa ini adalah berupa situs berita. Situs berita atau portal informasi sesuai dengan namanya merupakan pintu gerbang informasi yang memungkinkan pengakses informasi memperoleh aneka fitur fasilitas teknologi online dan berita didalamnya. Content-nya merupakan perpaduan layanan interaktif yang terkait informasi secara langsung, misalnya tanggapan langsung, pencarian artikel, forum diskusi, dll; dan atau yang tidak berhubungan sama sekali dengannya, misalnya games, chat, kuis, dll.


Pengertian Media Online yang lainnya:

·    Media online (online media) adalah media massa yang tersaji secara online di situs web (website) internet.
·      Media online adalah media massa ”generasi ketiga” setelah media cetak (printed media) –koran, tabloid, majalah, buku-- dan media elektronik (electronic media) –radio, televisi, dan film/video.
·    Media Online merupakan produk jurnalistik online. Jurnalistik online –disebut juga cyber journalisme– didefinisikan sebagai “pelaporan fakta atau peristiwa yang diproduksi dan didistribusikan melalui internet” (wikipedia).
·    Secara teknis atau ”fisik”, media online adalah media berbasis telekomunikasi dan multimedia (komputer dan internet). Termasuk kategori media online adalah portal, website (situs web, termasuk blog), radio online, TV online, dan email.
·        Isi media online terdiri: Teks, Visual/Gambar, Audio, dan Audio-Visual (Video)

Sehingga pengertian Media Online adalah sebutan umum untuk sebuah bentuk media yang berbasis telekomunikasi dan multimedia (baca-komputer dan internet). Didalamnya terdapat portal, website (situs web), radio-online, TV-online, pers online, mail-online, dll, dengan karakteristik masing-masing.


C. Jenis-Jenis Media Online
           
           Media online berupa situs berita bisa diklasifikasikan menjadi lima kategori:
·         situs berita berupa "edisi online" dari media cetak surat kabar atau majalah.
·         situs berita berupa "edisi online" media penyiaran radio.
·         situs berita online" murni yang tidak terkait dengan media cetak atau elektronik.
·         situs "indeks berita" yang hanya memuat link-link berita dari situs berita lain.


Dari sisi pemilik atau publisher, jenis-jenis website dapat digolongkan menjadi enam jenis:
·         News organisation website: situs lembaga pers atau penyiaran
·         Commercial organization website: situs lembaga bisnis atau perusahaan
·         Website pemerintahan
·         Website kelompok kepentingan (interest group)
·         Personal website (blog)



D.      Karaktersitik Media Online
·         Kapasitas luas --halaman web bisa menampung naskah sangat panjang
·         Pemuatan dan editing naskah bisa kapan saja dan di mana saja.
·         Jadwal terbit bisa kapan saja bisa, setiap saat.
·         Cepat, begitu di-upload langsung bisa diakses semua orang.
·         Menjangkau seluruh dunia yang memiliki akses internet.
·         Aktual, berisi info aktual karena kemudahan dan kecepatan penyajian.
·         Update, pembaruan informasi terus dan dapat dilakukan kapan saja.
·    Interaktif, dua arah, dan ”egaliter” dengan adanya fasilitas kolom komentar, chat room, polling, dsb.
·    Terdokumentasi, informasi tersimpan di ”bank data” (arsip) dan dapat ditemukan melalui ”link”, ”artikel terkait”, dan fasilitas ”cari” (search).
·         Terhubung dengan sumber lain (hyperlink) yang berkaitan dengan informasi tersaji.


Ø  Kelebihan dan kekurangan media online diantaranya:
Kelebihan (+):
·        Sangat cepat, dari segi waktu media online sangat cepat dalam menyampaikan beritanya.
·        Audio Visual, media online juga mempunyai audio visual dengan melakukan streaming.
·     Praktis dan Fleksibel, media online dapat diakses dari mana saja dan kapan saja yang kita mau.

Kekurangan (-):
·   Tidak selalu tepat, karena mengutamakan kecepatan berita yang dimuat di media online biasanya tidak seakurat media lainnya.
·        Tidak terjangkau luas. Belum semua lapisan masyarakat bisa menikmati layanan media online
·    Permasalahan yang dihadapi adalah, saat ini media online belum bisa menjangkau semua lapisan masyarakat. Hanya beberapa kalangan tertentu yang bisa mengakses informasi melalui media online ini. Mungkin sekarang sudah lebih maju karena masyarakat lapisan bawah yang selama ini menjadi masyarakat minoritas pengakses media online, jumlahnya sudah meningkat. Namun masih ada kendala lain, yaitu keterbatasan Sumber Daya Manusia mereka, yang hanya bisa mengakses beberapa informasi kecil atau hanya sekedar chatting dan membuka situs jejaring sosial.





Referensi:







0 comments:

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n:

Post a Comment