Monday, 20 May 2013

Nike Ardila, ramah, berbakat dan sering berbagi.

"Dunia ini panggung sandiwara...” ini adalah sepenggal lagu dari salah satu puluhan lagu hits dari Nike Ardila, mojang yang lahir di Bandung ini empunyai nama lengkap Nike Ratnadila Kusnadi yang dikenal juga sebagai seorang anak yang berkat dan mempunyai jiwa sosial yang tinggi. Nike Ardilla terlahir dengan nama Rd.Rara Nike Ratnadilla. Rd.Rara adalah sebuah julukan kebangsawanan untuk seorang putri keturunan ningrat di Jawa Barat, Nike sendiri masih keturunan Raja Galuh. Adapun nama Nike Ratnadilla,berasal dari Ni,diambil dari suku kata nama depan mami,yaitu Ningsirat Dan Ke,diambil dari suku kata bagian depan nama papi,yaitu Kusnadi (Ku dirubah jadi Ke). Rat, diambil dari Ningsirat,Nadi diambil dari Kusnadi,dan ditambahkan lla,jadilah nama Nike Ratnadilla.  Dari kecil nike adalah seorang sosok yang pandai menyanyi dan juga mendapat banyak berbagai penghargaan. Sosok yang dikenal oleh para fans nya adalah yang bersahaja.

Nike yang dikenal sebagai seorang artis besar tapi teryata memiliki jiwa sosial yang tinggi, ia tak pernah lupa bahwa dia harus berbagi dengan seama yang saling membutuhkan, tak terkecuali teman-teman sedekatnya. Di awal kariernya, Nike menggunakan nama Nike Astrina dan sempat mengeluarkan single album berjudul “Gadis Foto Model”, yang merupakan sountracknya juga film tersebut. Tahun 1990-an, Nike atas permintaan produser, Nike merubah namanya menjadi Nike Ardilla yang diambil dari nama belakangnya. Dengan nama Nike Ardilla yang disandangnya, Nike berhasil menaklukan dunia hiburan di Indonesia. Nike juga memiliki nama kecil, yaitu Keke, Neng, atau Amoy. Keluarga besar Nike, biasa memanggil dengan sebutan “Neng” dan Nikemania biasa memanggilnya dengan sebutan “Teteh” (panggilan hormat untuk seorang wanita, biasanya wanita yg lebih tua di daerah sunda).

Sejarah yang berjalan di Gedung yang bernamakan Museum Nike Ardila, gedung ini berdiri atas prakarsa Fan's Nike Ardilla yang tergabung dalam NAFC ( Nike Ardilla Fan's Club ) mengajukan permohonan kepada Keluarga Nike Ardilla untuk dibuatkan sebuah Ruangan yang menampilkan Barang barang milik Alm Nike Ardilla yang akhirnya diresmikan pada 27 Desember 1996 bersamaan dengan peluncuran buku Biografi Nike Ardilla Gedung ini beralamatkan di komplek Arya graha, jl Arya Utama No.5 Bandung. Nike Ardilla, Artis dan penyanyi wanita berbakat yang teropuler di jamannya. Lima tahun berkiprah di industri musik, Nike berhasil mengeluarkan 13 album. Tak hanya itu, Nike pun telah membintangi 12 film layar lebar dan 9 judul sinetron. Pada saat itu NAFC meminta keluarga untuk membuka sebuah museum agar dapat mengenang kepergian Nike. Dimana museum itu diresmikan tanggal 27 desember 1996. Kediaman Nike sendiri di Ciamis dan dikuburkan pula di Ciamis. Begitupun orang tua dan keluarganya mereka tinggal di Ciamis. Museum itu bertipe semi modern. Dimana di dalam museum itu terdapat kamar yang bentuk dan replica barang itu semua asli, yakni di ambil dan didesain seperti kamar Nike ardila yang asli.

Pengelola museum itu sendiri adalah kaka iparnya. Dan ditemani beberapa fans nike yakni okeu dan siti. Nike ardila memiliki jiwa sosial yang cukup tinggi. Ia pernah membantu yatim piatu. Bukan hanya yatim piatu atau agama islam saja, bahkan orang-orang yang berbeda agama pun dia kerap ikut menyumbang. Ia pun sempat mendirikan SLB Yayasan Wawasan Nusantara yang beralamat di pamongkalan Bandung. dan di bawah museum itu didirikan pula Paud Sedap Malam. Dia dikenal sangat baik pada teman-temannya, pernah diceritakan bahwa suatu ia berkunjung ke suatu tempat perbelanjaan di Jakarta bersama teman-temannya. Ia lebih mendahulukan teman-temannya utk membeli barang-barang yang diinginkannya ketibang dia. Ia memiliki jiwa sosial yang tinggi. suatu ketika ia sedng mengendarai mobil bersama fans-fansnya, dan dia melihat seorang pengemis, kemudian ia menghentikan kendaraan yang dikendarainya dan memberi sumbangan untuk pengemis itu. Kesolidderitasannya pun cukup tinggi. dikala teman-temannya sedang duka ataupun suka ia selalu ada di sampingnya. Karna moto hidup seorang nike ardila adalah hidup senang, tenang dan masuk surga. Maka dari itu selama hidupnya Nike dikenal sebagai sosok yang selalu memberi kepada yang membutuhkan, dia tak pernah lupa dan selalu berbagi sampai akhir hayat, semuanya selalu dikenang dan memberikan pelajaran bagi fans setianya dan orang-orang yang mengenalnya.
 
Ia pun dikenal dengan orang yang bertipe sederhana. Kalo artis-artis jaman dulu, kamar dan ruangannya mewah, akan tetapi ia lebih sederhana, tempat tidurnya pun bukan tempat tidur berkaki, tetapi tempat tidur lipat (Ngampar).  Tempat liburan faforitnya di Ciamis. Ia gemar mengkoleksi sepatu dan boneka-beneka.  Prestasinya diwali saat ia duduk di bangku SD kelas 5, ia pernah mengikuti berbagai lomba, dan ia selalu juara 1. Bahkan sampai ia terpilih menjadi penyanyi ia masih memperoleh juara 2 atau 1. Bakat yang paling menonjolnya adalah menyanyi. Ia pernah kontes ke luar negeri, Malay, Australia, sampai negara-negara di Eropa. Jenis lagunya, lagu pop. Ia memiliki seorang idola yang berna Marylin Monroe, dikamarnya terdapat banyak lukisan maupun foto dia, dan beberapa barangnya juga banyak yang berkaitan dengan Marylin Monroe, dia begitu sangat mengidolakannya sampai gaya-gayanya pun diikutinya. Harapan menurut fans ini agar kenangan bagi nike ardila tidak pernah hilang, mengharapkan banyak pengunjung yang datang dan mengenal lebih dekat dengan nike ardila dan fans clubnya.


0 comments:

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n:

Post a comment