A. Sejarah Media Online
Lahirnya media
online tidak lepas dari booming media online di luar negeri pada pertengahan
tahun 1990-an. Pada bulan Mei 1992 Chicago Online, koran pertama di Amerika
Online diluncurkan Chichago Tribune di AS. Sampai April 2001 database AS telah
berisi 12.878 berita online.
1996-1997: media
online sebagai fotokopi dari koran/media cetak (republika, kompas)
1998: detikcom,
berita real time, detik ini juga
2000: persaingan
ketat: www.satunet.com, www.astaga.com = berantakan
2005: media-media
cetak membikin media online, tidak menjadi saingan detikcom
2007-sekarang:
diprediksi bermunculan media-media online yang realtime
2008 – Media online
dan blog mulai booming.
B. Pengertian Media Online
Media online adalah sebutan umum untuk sebuah bentuk
media yang berbasis telekomunikasi dan multimedia (baca-komputer dan internet).
Didalamnya terdapat portal, website (situs web), radio-online, TV-online, pers
online, mail-online, dll, dengan karakteristik masing-masing sesuai dengan
fasilitas yang memungkinkan user memanfaatkannya”.
Salah satu desain media online yang paling umum
diaplikasikan dalam praktik jurnalistik modern dewasa ini adalah berupa situs
berita. Situs berita atau portal informasi sesuai dengan namanya merupakan
pintu gerbang informasi yang memungkinkan pengakses informasi memperoleh aneka
fitur fasilitas teknologi online dan berita didalamnya. Content-nya merupakan
perpaduan layanan interaktif yang terkait informasi secara langsung, misalnya
tanggapan langsung, pencarian artikel, forum diskusi, dll; dan atau yang tidak
berhubungan sama sekali dengannya, misalnya games, chat, kuis, dll.
Pengertian Media Online yang lainnya:
· Media online
(online media) adalah media massa yang tersaji secara online di situs web
(website) internet.
· Media online adalah
media massa ”generasi ketiga” setelah media cetak (printed media) –koran,
tabloid, majalah, buku-- dan media elektronik (electronic media) –radio,
televisi, dan film/video.
· Media Online
merupakan produk jurnalistik online. Jurnalistik online –disebut juga cyber
journalisme– didefinisikan sebagai “pelaporan fakta atau peristiwa yang
diproduksi dan didistribusikan melalui internet” (wikipedia).
· Secara teknis atau
”fisik”, media online adalah media berbasis telekomunikasi dan multimedia
(komputer dan internet). Termasuk kategori media online adalah portal, website
(situs web, termasuk blog), radio online, TV online, dan email.
· Isi media online
terdiri: Teks, Visual/Gambar, Audio, dan Audio-Visual (Video)
Sehingga pengertian Media Online adalah sebutan umum
untuk sebuah bentuk media yang berbasis telekomunikasi dan multimedia
(baca-komputer dan internet). Didalamnya terdapat portal, website (situs web),
radio-online, TV-online, pers online, mail-online, dll, dengan karakteristik
masing-masing.
C. Jenis-Jenis Media Online
Media online berupa
situs berita bisa diklasifikasikan menjadi lima kategori:
·
situs berita berupa
"edisi online" dari media cetak surat kabar atau majalah.
·
situs berita berupa
"edisi online" media penyiaran radio.
·
situs berita
online" murni yang tidak terkait dengan media cetak atau elektronik.
·
situs "indeks
berita" yang hanya memuat link-link berita dari situs berita lain.
Dari sisi pemilik
atau publisher, jenis-jenis website dapat digolongkan menjadi enam jenis:
·
News organisation
website: situs lembaga pers atau penyiaran
·
Commercial
organization website: situs lembaga bisnis atau perusahaan
·
Website
pemerintahan
·
Website kelompok
kepentingan (interest group)
·
Personal website
(blog)
D.
Karaktersitik Media Online
·
Kapasitas luas
--halaman web bisa menampung naskah sangat panjang
·
Pemuatan dan
editing naskah bisa kapan saja dan di mana saja.
·
Jadwal terbit bisa
kapan saja bisa, setiap saat.
·
Cepat, begitu di-upload
langsung bisa diakses semua orang.
·
Menjangkau seluruh
dunia yang memiliki akses internet.
·
Aktual, berisi info
aktual karena kemudahan dan kecepatan penyajian.
·
Update, pembaruan
informasi terus dan dapat dilakukan kapan saja.
· Interaktif, dua
arah, dan ”egaliter” dengan adanya fasilitas kolom komentar, chat room,
polling, dsb.
· Terdokumentasi,
informasi tersimpan di ”bank data” (arsip) dan dapat ditemukan melalui ”link”,
”artikel terkait”, dan fasilitas ”cari” (search).
·
Terhubung dengan
sumber lain (hyperlink) yang berkaitan dengan informasi tersaji.
Ø Kelebihan dan kekurangan media online diantaranya:
Kelebihan (+):
· Sangat cepat, dari
segi waktu media online sangat cepat dalam menyampaikan beritanya.
· Audio Visual, media
online juga mempunyai audio visual dengan melakukan streaming.
· Praktis dan
Fleksibel, media online dapat diakses dari mana saja dan kapan saja yang kita
mau.
Kekurangan (-):
· Tidak selalu tepat,
karena mengutamakan kecepatan berita yang dimuat di media online biasanya tidak
seakurat media lainnya.
· Tidak
terjangkau luas. Belum semua lapisan masyarakat bisa menikmati layanan media online
· Permasalahan yang
dihadapi adalah, saat ini media online belum bisa menjangkau semua lapisan
masyarakat. Hanya beberapa kalangan tertentu yang bisa mengakses informasi
melalui media online ini. Mungkin sekarang sudah lebih maju karena masyarakat
lapisan bawah yang selama ini menjadi masyarakat minoritas pengakses media
online, jumlahnya sudah meningkat. Namun masih ada kendala lain, yaitu
keterbatasan Sumber Daya Manusia mereka, yang hanya bisa mengakses beberapa
informasi kecil atau hanya sekedar chatting dan membuka situs jejaring sosial.
Referensi:
0 comments:
Post a Comment