Sunday 26 May 2013

Perkembangan Teknologi TV

A.         Sejarah TV

    Awal dari ditemukannya televisi tentu tidak bisa dipisahkan dari penemuan dasar, yaitu hukum Gelombang Elektromagnetik yang ditemukan oleh Joseph Henry dan Michael Faraday (1831) yang merupakan awal dari era komunikasi elektronik. Pada tahun 1873 seorang operator telegram menemukan bahwa cahaya mempengaruhi resistansi elektris selenium. Ia menyadari itu bisa digunakan untuk mengubah cahaya kedalam arus listrik dengan menggunakan fotosel silenium (selenium photocell)
  •    1876, George Carey menciptakan selenium camera,  yang memiliki gambaran supaya seseorang dapat melihat listrik.
  •       1881, Ide dari penggunaan scanning untuk mengirim gambar dimasukkan untuk sebenarnya penggunaan praktis pantelegraph.
  •       1884, Seorang mahasiswa di German bernama Paul Gottlieb Nipkow mematenkan pertama kali elektromekanik sistem pada televisi yang bekerja dengan pemindaian disk, pemintalan sebuah disk dengan sejumlah lubang sulur yang menuju pusat. Pada lubang yang sama di interval dalam rotasi disk akan memungkinkan cahaya untuk melewati setiap lubang dan menuju selenium sensor yang menghasilkan listrik pulses. Disebut dengan teleskop elektrik dengan resolusi 18 garis.
  •      1897, Karl Ferdinand Braun menciptakan  CRT dengan layar yang dapat berpendar jika terkena sinar. Inilah awal dasar sejarah televisi layar berbasis tabung.
  •       1900,  Sejarah penggunaan nama televisi malah baru pertama kali ditemukan pada tahun ini. Adalah Constatin Perskyl yang menyebutkan  tele (jauh) dan tampak (vision). yang jika digabung menjadi television.
  •      1907, Dua orang bernamaBoris Rosing dan Campbell Swinton melakukan percobaan terpisah yang menggunakan sinar katoda untuk dapat mengirim gambar.
  •       1925, John Logie Baird asal skotlandia menunjukkan transmisi dari gambar bayangan hitam bergerak di London. Dia juga yang menemukan sistem video recording untuk pertama kalinya.
  •    1927 – Sejarah dalam pengembangan televisi modern pertama ditemukan oleh Philo T Farnsworth. Seorang ilmuwan asal Utah, Amerika Serikat. Mengapa demikian? hal ini disebabkan gagasannya tentang image dissector yang menjadi dasar televisi.
  •      1929 – Vladimir Zworykin dari Rusia menyempurnakan perkembangan tabung katoda dan kemudian menamakannya dengan kinescope. Temuannya sebenarnya hanya mengembangkan teknologi yang dimiliki CRT.
  •     1940 – Ini adalah awal perkembangan televisi warna pertama. Seseorang bernama Peter Goldmark menciptakan televisi warna dengan resolusi mencapai 343 garis.
  •       1956, Robert Adler dan  Eugene Polley menemukan remote televisi. Yang tujuan sebenarnya adalah untuk menghindari iklan.
  •       1975 – Larry Weber seorang ilmuwan dari Universitas Illionis mulai merancang layar plasma berwarna. namun sejarah orang ini tidak berakhir disini saja..
  •       1979, Perusahaan kodak menciptakan OLED (organic light emitting diode), Pada tahun yang sama Walter Spear dan Peter Le Comber membuat  LCD dari bahan thin film transfer yang ringan.
  •       1981, NHK sebuah stasiun televisi di negara Jepang mendemonstrasikan sebuah sejarah baru yaitu  teknologi HDTV.
  •       1995 – Masih ingat dengan Larry Weber, Pada tahun ini dia berhasil menyelesaikan proyek layar plasmanya. Ia menciptakan layar plasma yang lebih stabil dan cemerlang.
  •     2000 tahun ke atas, Pengembangan produk LCD, Plasma bahkan CRT. Dan menyusul perkembangan sejarah dari televisi digital, yang bermula dari HDTV (High Definition TV) dari satu saluran tv menjadi banyak saluran.


B. HDTV



HDTV (High Definition Television). Sistem media komunikasi bergambar dan atau bersuara dengan tingkat kualitas ketajaman gambar (resolusi) sangat tinggi. Kualitas gambar yang dihasilkan HDTV mempunyai ketajaman lebih baik (resolusi 1125 baris, dengan 1080 baris aktif), variasi warna lebih tajam, berformat layar lebar (dengan aspect ratio TV digital 16:9 atau 1,78:1), transmisi data digital berbasis 19,3 megabit per detik, dan jumlah piksel hingga lima kali format standar analog PAL.

HDTV adalah istilah yang melibatkan seluruh aspek penyiaran, bukan hanya layar TV saja yang menjamin gambar video yang ditampilkan berupa gambar video definisi tinggi, tetapi mulai dari unit kamera video, format sinyal serta cara transmisi, sistem penerima, hingga layar penampil di hadapan para pemirsa. Sistem broadcast HDTV diidentifikasi dengan tiga parameter utama: ukuran frame, sistem scanning (interlaced scanning dan progressive scanning) serta frame rate. Kelebihan lain, HDTV berukuran lebih lebar dibanding TV biasa. Format HDTV menyerupai layar bioskop. HDTV juga dapat difungsikan sebagai monitor komputer secara langsung.

PAL (Phase Alternating Line). Sistem warna televisi yang pertama kali dibuat di Jerman, digunakan di Eropa dan beberapa negara lain termasuk Indonesia. PAL terdiri atas 625 garis pemindaian, berada pada rate 25 frame perdetiknya.

SECAM (Sequential Color with Memory). Sistem televisi berwarna yang dikembangkan di Perancis, menggunakan 25 frame per detik dan 625 garis horizontal.

Televisi definisi tinggi dan HDTV menampilkan sinyal televisi pada resolusi lebih tinggi dari mainstream, TV tradisional. HDTV pertama kali disiarkan secara luas pada akhir tahun 1990 dan telah berkembang dalam popularitas konsumen sebagai teknologi telah menjadi lebih mana-mana dan ekonomis. Definisi tinggi siaran televisi pertama kali diuji pada 1936 di Inggris namun sangat lokal dan dihentikan segera sesudahnya. Demikian pula, Perancis juga sempat bereksperimen dengan HDTV tapi menjatuhkan standar penyiaran ketika Inggris tidak sama. Dengan kemajuan teknologi di televisi, HDTV kembali ke garis depan siaran televisi dengan siaran HDTV luas pertama terjadi pada tahun 1969 di Jepang. AS diikuti dengan cepat; siaran pertama bangsa televisi definisi tinggi dimulai pada tahun 1981. Sejak itu, munculnya standar televisi digital HDTV telah mendorong ke arus utama, dengan penyiar dan komisi pemerintah baik sepenuhnya mendukung HDTV.


C.       TV Kabel
Televisi kabel atau cable television adalah sistem penyiaran acara televisi lewat isyarat frekuensi radio yang ditransmisikan melalui serat optik yang tetap atau kabel coaxial dan bukan lewat udara seperti siaran televisi biasa yang harus ditangkap antena (over-the-air). Selain acara televisi, acara radio FM, internet, dan telepon juga dapat disampaikan lewat kabel. Sistem ini banyak dijumpai di Amerika Utara, Eropa, Australia, Asia Timur, Amerika Selatan, dan Timur Tengah. Televisi kabel kurang berhasil di Afrika karena kepadatan penduduk yang rendah di berbagai daerah. Seperti halnya radio, frekuensi yang berbeda digunakan untuk menyebarkan banyak saluran lewat satu kabel. Sebuah kotak penerima digunakan untuk memilih satu saluran televisi. Sistem televisi kabel modern sekarang menggunakan teknologi digital untuk menyiarkan lebih banyak saluran televisi daripada sistem analog.


Ø  Perkembangan

TV Kabel lebih dulu dikenal di Amerika Utara, Eropa, Australia, dan Asia Timur. Namun walaupun TV kabel hadir di beberapa negara, yang paling utama adalah di Amerika Selatan dan Timur Tengah. Di Indonesia, Kabelvision merupakan operator TV kabel yang pertama. Singkatan CATV seringkali digunakan untuk mengartikan TV Kabel. Sebenarnya CATV merupakan singkatan dari Community Antenna Television. Sementara TV kabel pertama ditemukan karena wilayah dimana penerimaan over-the-air terbatas oleh daerah pegunungan. Sehingga antena komunitas yang sangat besar dibangun,dan dibentangkan kabel dari antena tersebut menuju rumah-rumah individu.

Saat ini, sistem kabel di AS menyampaikan ratusan kanal kepada enam puluh juta rumah, sambil juga menyediakan jumlah orang yang terus bertambah dalam penggunaan akses internet berkecepatan tinggi. Beberapa sistem kabel bahkan memperbolehkan memakai panggilan telepon sambil menerima program baru teknologi. Di AS, TV kabel sudah sangat berkembang di negara-negara bagiannya. Mayoritas penonton televisi di Amerika memperoleh isyarat mereka melalui CATV. Di Asia pun TV Kabel cukup berkembang. Di Korea Selatan contohnya, ada banyak operator TV kabel seperti Tbroad, C&M, CJ, dan lain-lain. Operator TV kabel di Korea Selatan menyediakan TPS untuk pelanggan mereka. Di Hongkong, para penonton televisi tidak hanya menonton TV kabel tetapi juga sudah menggunakan TV satelit seperti Star TV. Di India pun, TV kabel sudah sangat dikenal. Ada banyak operatornya seperti Sun TV, The Raj Television Network, dan Ortel Communications Ltd.
Kabelvision merupakan operator TV kabel pertama di Indonesia yang memulai operasinya di tahun 1995. Dalam 2006, perusahaan induknya,PT Broadband Multimedia Tbk, meluncurkan Digital1, operator TV kabel yang terbaru yang membutuhkan kotak susunan digital untuk dipasang. Sebagian dari jaringan Kabelvision akan diubah menjadi Digital 1. Pada pertengahan tahun 2007, Broadband Multimedia berganti nama menjadi First Media dan menggabungkan kedua layanan tv kabelnya sebagai produk HomeCable, dengan teknologi Digital 1. Perusahaan ini dimiliki oleh Grup Lippo.

Cara kerja Tv kabel yaitu
Dalam sebuah sistem kabel, isyarat mungkin telah melampaui 30 atau 40 amplifier sebelum mencapai rumah anda, satu tiap 1000 kaki atau lebih, dengan masing-masing amplifier anda bisa mendapatkan gangguan dan distorsi. Ditambah lagi jika salah satu dari amplifier gagal anda akan kehilangan gambar. Sistem kabel memiliki reputasi tidak memiliki kualitas gambar yang baik dan tidak dapat dipercaya. Diakhir tahun 1970, TV Kabel menemukan solusi dari masalah amplifier. Sejak itu mereka juga membuat teknologi mereka dapat menambah program ke servis kabel.

Ø  Kelebihan Dan Kekurangan TV Kabel
  •    Peralatan yang dibutuhkan melalui TV kabel, biasanya peralatan yang dibutuhkan  hanyalah alat penerima siaran digital (digital receiver).
  •       Jangkauan siaran. TV kabel hanya menjangkau area atau daerah tertentu. Itu pun selalu diawali dengan survey dahulu apakah daerah tersebut cocok dan banyak peminatnya.
  •      Kualitas sinyal. Sinyal yang dipancarkan TV kabel bisa analog dan digital karena daya tampung kabel yang terbatas.
  •      Jumlah saluran. 300 channel sanggup disalurkan melalui TV kabel, namun tidak semua berkualitas baik (karena gabungan antara analog dan digital).


D.   Wireless Cable TV& Direct Broadcasting Satelite (DBS)
Satelit siaran langsung (DBS) adalah istilah yang digunakan untuk merujuk kepada televisi satelit siaran dimaksudkan untuk penerimaan rumah. Sebuah sebutan yang lebih luas daripada DBS akan langsung ke rumah sinyal, atau DTH. Hal ini awalnya membedakan transmisi langsung ditujukan untuk pemirsa rumah dari jasa distribusi televisi kabel yang kadang dilakukan pada satelit yang sama. Istilah DTH mendahului DBS dan sering digunakan dalam referensi untuk pelayanan yang dilakukan oleh satelit daya yang rendah yang diperlukan lebih besar piring (diameter 1.7m atau lebih) untuk penerimaan.

Di Eropa, sebelum peluncuran Astra 1A pada tahun 1988, DBS istilah yang umum digunakan untuk menggambarkan satelit nasional ditugaskan direncanakan dan diluncurkan untuk memberikan siaran TV ke rumah dalam beberapa negara Eropa (misalnya BSB di Inggris, TV-Sat di Jerman). Layanan ini adalah untuk menggunakan D-Mac dan D2-Mac Format dan BSS frekuensi dengan melingkar polarisasi dari posisi orbital dialokasikan untuk masing-masing negara. Sebelum ini satelit DBS, rumah televisi satelit di Eropa terbatas pada beberapa saluran, benar-benar dimaksudkan untuk distribusi kabel, dan hidangan yang membutuhkan biasanya dari 1.2m. SES meluncurkan satelit Astra 1A untuk memberikan layanan ke rumah-rumah di seluruh Eropa piutang pada piring hanya 60 cm-80 cm dan, meskipun ini banyak digunakan format PAL video dan frekuensi FSS dengan polarisasi linier, nama DBS perlahan datang ke diterapkan pada semua satelit dan layanan Astra juga.

Komersial layanan DBS
Piring satelit Astro
Kedua komersial DBS layanan, Sky Television plc (sekarang BSkyB setelah merger dengan British Broadcasting Satellite jaringan lima channel 's), diluncurkan pada tahun 1989. Sky TV mulai sebagai empat- channel free-to-air layanan analog pada Astra 1A satelit , melayani Britania Raya dan Republik Irlandia . Pada 1991, Sky telah berubah menjadi akses bersyarat model pembayaran, dan meluncurkan layanan digital, Digital Sky , pada tahun 1998, dengan transmisi analog berhenti pada tahun 2001. Karena DBS nomenklatur jarang digunakan di Inggris atau Irlandia, popularitas layanan Sky telah menyebabkan istilah " minidish "dan" digibox "untuk diterapkan pada produk selain hardware Sky. News Corporation memiliki saham 32% di BSkyB.

PrimeStar mulai transmisi layanan analog ke Amerika Utara pada tahun 1991, dan bergabung dengan DirecTV (kemudian dimiliki oleh sebuah divisi dari General Motors, GM Hughes Electronics ), pada tahun 1994. Pada saat itu, pengenalan DirecTV adalah yang paling sukses elektronik konsumen debutnya di Amerika sejarah. Meskipun PrimeStar beralih ke sistem digital pada tahun 1994, itu akhirnya tidak mampu bersaing dengan DirecTV , yang membutuhkan parabola kecil dan bisa memberikan lebih pemrograman. DirecTV dibeli PrimeStar pada tahun 1999 dan pindah semua PrimeStar pelanggan untuk DirecTV peralatan. Dalam serangkaian transaksi disempurnakan pada tahun 2003, Hughes Electronics adalah berputar keluar dari GM dan News Corporation membeli saham mayoritas di perusahaan baru, yang berganti nama menjadi The DirecTV Group. Pada tahun 2008, Liberty Media Corporation membeli saham pengendali News Corporation di DirecTV . Pada tahun 1996, EchoStar 's Dish Network pergi online di Amerika Serikat dan, sebagai pesaing utama DirecTV, sukses serupa. AlphaStar juga mulai tapi segera tenggelam. Astro juga dimulai, menggunakan sistem satelit siaran langsung.

Dominion Video Satelit Inc Sky Angel peluncuran pada platform satelit di Amerika Serikat pada tahun 1996 dengan layanan DBS diarahkan iman dan market keluarga. Ini tumbuh dari enam sampai 36 saluran TV dan radio hiburan keluarga, pemrograman Kristen inspirasional, dan berita 24 jam. Dominion, dibawah semula perusahaan nama Video Satellite Systems Inc, adalah benar-benar kedua dari antara sembilan perusahaan untuk menerapkan ke FCC untuk lisensi daya tinggi DBS pada tahun 1981, dan itu adalah satu-satunya yang masih hidup perusahaan DBS dari putaran pertama pelamar hingga penjualan lisensi mereka untuk EchoStar Communications Corporation pada tahun 2007 dan keberangkatan dari distribusi satelit pada tahun 2008. Sky Angel, meskipun layanan DBS terpisah dan independen, menggunakan satelit yang sama, fasilitas transmisi, & menerima peralatan yang digunakan untuk Dish Network melalui kesepakatan dengan EchoStar. Karena itu, Sky Angel pelanggan juga memiliki pilihan untuk berlangganan Dish Network saluran juga.

Pada tahun 2003, EchoStar berusaha untuk membeli DirecTV, tetapi FCC dan Departemen Kehakiman AS menolak pembelian berdasarkan kekhawatiran anti-kompetitif. Pada 2010, India memiliki pasar satelit langsung siaran yang paling kompetitif dengan 7 operator berlomba-lomba untuk lebih dari 110 juta rumah TV. India diatur untuk mengambil alih posisi AS sebagai terbesar langsung siaran pasar satelit di dunia pada tahun 2012. "Berpikir langit biru" , Business Today , 21 Juli 2010.

Gratis layanan DBS
Jerman kemungkinan pemimpin dalam free-to-air (FTA) DBS, dengan sekitar 200 FTA saluran digital (termasuk 18 HDTV saluran dan berbagai saluran daerah) disiarkan dari Astra 19.2 ° E satelit konstelasi. Ini tidak dipasarkan sebagai layanan DBS, tapi diterima di sekitar 12 juta rumah, serta di setiap rumah menggunakan Deutschland Sky sistem DBS komersial. Semua Jerman siaran satelit analog berakhir pada 30 April 2012.
The Inggris memiliki sekitar 160 saluran digital (termasuk variasi regional BBC saluran, ITV saluran, Channel 4 dan Channel 5 ) disiarkan tanpa enkripsi dari Astra 28,2 ° E satelit konstelasi, dan piutang pada setiap DVB-S receiver-compliant ( a DVB-S2 receiver diperlukan untuk tertentu HDTV jasa). Sebagian besar saluran ini termasuk dalam Sky EPG , dan peningkatan jumlah dalam Freesat EPG.
Penyiar nasional India, Doordarshan , mempromosikan free-to-air paket DBS sebagai " DD langsung Ditambah "yang disediakan seperti di-isi untuk jaringan transmisi terestrial di negara itu. Hal ini disiarkan dari INSAT 4B sebesar 93,5 ° E dan berisi sekitar 57 saluran FTA.

Meskipun awalnya diluncurkan sebagai backhaul untuk mereka televisi digital terestrial layanan, sejumlah besar saluran Perancis free-to-udara pada satelit pada 5 ° W, dan baru-baru ini diumumkan sebagai resmi di-isi untuk jaringan DTT.
Di Amerika Utara (Amerika Serikat, Kanada dan Meksiko) ada lebih dari 80 FTA saluran digital yang tersedia di Galaxy 19 (dengan mayoritas menjadi etnis atau agama di alam). Satelit FTA lainnya termasuk AMC-4 , AMC-6 , Galaxy 18 , dan Satmex 5. Sebuah perusahaan bernama GloryStar mempromosikan penyiaran agama FTA pada Galaxy 19 .




Referensi:

 

0 comments:

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n:

Post a Comment